The Incredible Asus Zenfone 2 - Musa Rizal Al Fath
News Update
Loading...

Monday, May 28, 2018

The Incredible Asus Zenfone 2




Asus Zenfone 2 (Zoo8d) merupakan produk seri Asus Zenfone Series. Meskipun biasanya produk yang dikeluarkan dengan seri lebih besar biasanya merupakan produk terbaru dengan spesifikasi yang tinggi.



Namun hal ini berbeda dengan vendor Asus yang menciptakan Asus Zenfone 2 ini justru dengan spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan zenfone series lainnya, seperti Asus Zenfone 4, Zenfone 5, dan Zenfone 6.


Spesifikasi Asus Zenfone 2 ini lebih tinggi dibandingkan dengan ke-tiga seri Zenfone tersebut. Berbagai terknologi baru dengan sistem operasi terbaru telah disematkan ke dalam seri ini.


Parahnya lagi, smartphone ini membuat galau para pengguna Asus Zenfone yang telah dahulu berebutan membeli Zenfone Series 4, 5, 6. Memangnya, seperti apa sih penampakan Asus Zenfone 2 ini ?


Sebelum kita kupas satu per satu, izinkan saya memperkenalkan diri dulu. Sebenarnya, tulisan ini merupakan tulisan saya tiga tahun yang lalu, yang kemudian saya review kembali di tahun 2020.


Zenfone Series


Di awal saya singgung, bahwa Asus Zenfone 2 ini justru lebih unggul dibandingkan Asus Zenfone Series seperti Zenfone 4, 5 , dan 6. Sedikit aneh memang, tapi kenapa bisa begitu ?


Coba kita bandingkan sedikit spesifikasinya



Zenfone 2


Zenfone 4

Zenfone 5

Zenfone 6

2015


2014

2014

2014

5.5” Inches


4” Inches

5” Inches

6” Inches

2GB RAM
Atau
4GB RAM



1GB RAM

1GB RAM
Atau
2GB RAM


2GB RAM

16GB/32GB
Internal Memory


4GB/8GB
Internal Memory

8GB/16GB/32GB
Internal Memory

16GB/32GB
Internal Memory

5.0 Lollipop


4.3 Jelly Bean

4.4.2 Kit Kat

4.3 Jelly Bean

3000 mAh


1200 mAh

2110 mAh

3300 mAh

13/5 MP


5MP

8/2 MP

13/2 MP

Quad Core 1.8 Ghz


Dual Core 1.2 Ghz

Quad Core 1.2 Ghz

Dual Core 2.0 Ghz

GSM/HSPA/LTE


GSM/HSPA

GSM/HSPA/LTE

GSM/HSPA/LTE


Review Asus Zenfone 2 (ZE550ML)


Asus Zenfone 2 memiliki beberapa seri, diantaranya ada ZE 550CL, ZE 550ML, dan ZE 551ML. Namanya memang tak jauh berbeda, tapi bagaimana dengan spesifikasinya ?


Pada dasarnya, ZE 550ML dan ZE 551ML hanya berbeda di segi RAM dan Memory nya saja. Di ZE 550ML menyuguhkan 2GB RAM/16GB Internal Memory. Sedangkan di ZE 551ML menggunakan 4GB RAM/32GB Internal Memory.


Sedangkan di seri ZE 550CL jauh dibawah kedua seri di atas, dari segi layarnya saja  masih berukuran 5” inch. Cukup kecil dibandingkan ZE 550ML dan ZE 551ML yang sudah menggunakan layar sebesar 5,5” inch.


JARINGAN


Dari segi jaringan, Smartphone ini menyediakan layanan jaringan 2G, 3G, dan 4G LTE yang didukung dengan dual SIM CARD. Sehingga mampu memberikan kenyamanan kepada penggunanya karena pengguna bisa mengaktifkan lebih dari 1 SIM CARD.


Sedikit lebih unggul dibandingkan smartphone sekelasnya seperti Xiaomi MI4 yang hanya menyematkan single SIM CARD saja.






Koneksi yang digunakan hampir sama dengan smartphone lainnya. Diantaranya EDGE GPRS, HSDPA/3G, HSPA 42.2/5.76 Mbps, dan tentunya 4G LTE Cat4 150/50 Mbps. Namun yang cukup disayangkan, Jaringan 4G LTE hanya tersedia di slot 1 SIM CARD. Sedangkan di slot 2 hanya mampu menjangkau 2G saja.


Kelebihan lain dari smartphone ini, Flexible SIM CARD nya merupakan removable type. Sehingga jika dalam perjalanan ada kerusakan hardware di bagian SIM CARD, seperti SIM CARD tidak terbaca, masih bisa diganti.


MODEL dan DESIGN


Model dengan tipe CandyBar berdimensi 152.5  77.3 x 10.9 mm, dengan berat 170 g, serta dilengkapi dengan layar 1080p x 1920 pixels, 5.5 inches yang lebih besar dibandingkan Zenfone 4 dan 5. Dan sudah corning Gorilla Glass 3.


Penyematan jenis IPS capacitive touchscreen, 16M colors akan menghasilkan hasil warna dan gambar yang lebih cerah. Ditambah lagi dengan ZenUI yang akan memberikan kesan mewah pada tampilan menu navigasi aplikasi di Zenfone 2 ini.





Dalam penglihatan, smartphone ini masih tetap memakai desain Zenfone pada umumnya dengan mempertahankan ciri khas Zenfone sejenisnya. Terlebih lagi juga terdapat banyak pilihan warna yang tersedia.




Beberapa warna yang tersedia adalah Osmium Black, Sheer Gold, Clacier Gray, Glamor Red, dan Ceramic White. Namun yang perlu diingat, smartphone di seri Zenfone, umumnya menggunakan layar depan berwarna hitam, perbedaan warnanya hanya pada casing belakangnya saja.


Desain yang telah dirancang sedemikian rupa mampu melahirkan hasil yang apik. Smartphone ini lagi-lagi memberikan kenyamanan kepada penggunanya. Mulai dari touch screen, home screen, tombol power, bentuk lengkung di bagian belakang, serta tombol volumenya.




Jika dilihat dari depan, menurut saya smartphone ini benar-benar memiliki desain yang sangat gahar dan terlihat mewah dibandingkan desain vendor sekelasnya seperti OPPO dan Lenovo.


Namun sangat berbeda jika dilihat dari sisi belakang, menurut saya desain belakang justru memberikan kesan negatif terhadap smartphone ini. body lengkung cukup membuat nyaman, namun secara tampilan jelas kurang menarik.


STORAGE


Pada seri Asus Zenfone 2 ZE 550ML menggunakan RAM sebesar 2GB dengan penyimpanan internal sebesar 16GB. Sedangkan di seri ZE 551ML menggunakan RAM sebesar 4GB dengan penyimpanan internal sebesar 32GB.


Jika sekiranya masih kurang, pengguna smartphone ini juga diberikan fitur external memory yang mampu up to 64GB.


By the way, solt external memory ini masih jadi satu set dengan solt sim cardnya. Namanya Flexible SIM CARD yang bisa diganti sewaktu-waktu jika rusak. Di online shop juga banyak tersedia spare part nya.


PERFORMANCE


Asus Zenfone 2 menggunakan Super Quad Core processor 1.8 Ghz 64-bit Intel Atom Z3560 dengan Android versi 5.0 Lollipop dan 60-ms touch respondsess didukung battery Li-Ion 3000 mAh. Sayangnya, belum memiliki fitur fast chargering.






CAMERA


Kabar baik untuk pengguna Asus Zenfone 2, pasalnya Asus Zenfone 2 menyematkan Pixel Master Camera utama sebesar 13MP f/2.0-aperature lends captures stunning, high-resolution photos with zero sutter lag,


The industry-leading Low Light mode employes pixel-merging technology untuk meng-capture up to 400% brighter photos di malam hari, atau dalam Low Light scenes tanpa perlu flash camera.






Kerennya Asus, dia bisa motret low light dengan lebih baik dan contras yang lebih tajam tanpa perlu menghidupkan flash camera. Tapi anehnya, hasil jepretannya justru lebih gelap jika menggunakan flash camera.


Kayaknya emang kamera asus lebih gahar tanpa menggunakan flash camera deh. Walaupun di kamera asus sendiri memiliki dual flash camera yang bisa menghasilkan foto dengan warna yang lebih akurat.


Jika dibandingkan dengan hasil jepretan vendor-vendor lain sekelasnya, seperti Xiaomi Redmi 3s atau Samsung J7 Prime, menurut saya hasil dari kamera Asus Zenfone 2 ini jauh lebih baik.


Buat kamu yang penasaran sama hasil jepretannya, bisa cek di instagramnya @shazarft. Di sana ada banyak hasil jepretan dari smartphone ini, baik yang sudah diedit maupun yang masih original.


Salah satu hasil jepretannya
*tanpa edit




Yah meskipun masih kalah dengan Asus Zenfone 2 Laser karna memiliki sensor laser yang membuat hasil jepretan lebih baik.


Sedangkan untuk selfie camera, Asus Zenfone 2 masih menggunakan 5mp kamera. Tapi kerennya ada banyak fitur tambahan di kamera depan, salah satunya auto timer hanya dengan menggeser tombol sutter kameranya saja.


HARDWARE



KELEBIHAN


Asus Zenfone Series memiliki banyak sparepart yang bisa dengan mudah dicari baik di store maupun di online shop. Kebanyakan hardware yang digunakan merupakan hardware terpisah (meskipun non removable) tapi bisa dipisah dengan hardware lain.

Hal ini membuat para penggunanya tidak perlu khawatir, karna jika ada kerusakan mudah untuk memperbaikinya.


KELEMAHAN


Karena sparepart nya ada banyak, ternyata ada banyak juga keluhan dari para pengguna Asus Zenfone Series. Seperti kerusakan pada :

a. Flexible SIM CARD (biasanya sim 1 tidak terbaca)
b. EMMC (biasanya bootloop dan diflash masih sama saja)
c. LCD (biasanya LCD mati tapi touchscreen masih normal)



Overview Hardware

Memang di sisi hardware Asus memiliki banyak sparepart yang mudah ditemukan, tapi tak sedikit juga pengguna yang mengeluhkan kerusakan seputar hardware dari smartphone Asus.


Setelah saya tinjau kembali,
Pada dasarnya hardware asus itu akan tetap awet jika digunakan dengan cara yang benar. Karna saya sendiri sebagai pengguna Asus Zenfone 2 ZE550ML jujur saja pernah mengalami kerusakan sim card tidak terbaca, dan mengganti emmc.


Setelah saya review ke belakang, ternyata kesalahan bukan di Asusnya, tapi di saya sendiri. Kenapa flexible sim card saya pernah rusak ? karna dulu hp ini udah pernah saya banting.


Enggak tinggi emang, cuman paling 1 meter, tapi kalau dengan power yang besar yaa kayak pas orang lagi marah lah, hp apa sih yang bisa bertahan ? bantingnya ke lantai lantai lho ya, bukan ke kasur.


Kalau EMMC,
Memang dulu saya kayak enggak bisa jauh dari handphone. Makanya pemakaian nya pun juga keforsir. Jadi wajar aja kalau emmc nya ga awet. Saya pakeknya juga udah over soalnya.


Jadi pesen saya satu sih,

“Sayangilah yang ada, Karna kita baru akan merasa kehilangan setelah dia pergi”


FITURES


Dari segi fitur, Ada berbagai macam fitur menarik yang akan membuat penggunanya merasa benar-benar puas dengan smartphone ini.






1. Automatic

Di Asus Zenfone 2, ada beberapa fitur otomatis yang cukup menarik dan mungkin enggak bakal kamu temuin di smartphone lain. Yang pertama yaitu  jaringan internet.


Percaya atau tidak, saat smartphone ini berada dalam mode stand by, jaringan internet akan secara otomatis mati. Dan jika kita menghidupkan smartphone ini, jaringan internetnya akan hidup kembali secara otomatis.


Tapi mati bukan berarti non aktif. Karna  saat ada pesan masuk dari whatsapp misalnya, pesan akan tetap masuk. Well, fitur otomatis ini bisa menghemat battery handphone.





Yang kedua yaitu Low Power.


Saat handphone ini berada dalam 2% daya baterai, maka secara otomatis handphone akan sutting down. Tapi jika sebelum sutting down kamu sempat memencet tombol Super Saving, maka smartphone tersebut masih bisa bertahan sampai beberapa jam ke depan (dalam mode stand by).


Fitur auto sutting down ketika 2% ini berfungsi untuk menjaga agar baterai tidak sampai benar-benar kehabisan daya, untuk menghindari kerusakan software.


Yang ketiga yaitu Tethering Hotspot.


Di smartphone Asus seri ini, punya fitur hotspot yang akan otomatis mati jika dalam beberapa menit tidak ada penggunanya. Berbeda dengan Asus Zenfone Max Pro M1 yang tethering nya akan terus hidup jika tidak dimatikan secara manual.


2. 2X Tap

Meskipun tombol powernya berada di atas, namun smartphone ini memiliki fitur 2x sentuh. Sehingga penggunanya hanya perlu menyentuh layar sebanyak 2x lalu smartphone akan langsung hidup dengan sendirinya. Keren bukan ?


3. ZenUI

Kerennya lagi, dengan ZenUI versi baru, terdapat fitur-fitur yang tidak dimiliki smartphone lain. Seperti pengaturan icon yang bisa mengatur ukuran icon aplikasi dan ukuran font sesuai yang diinginkan penggunanya tanpa perlu aplikasi tambahan.





Selain itu, adanya menu spandid juga merupakan nilai plus yang dimiliki smartphone ini. Pasalnya, dengan spandid si pengguna bisa bebas mengatur kecenderungan warna yang ditampilkan layar sesuai dengan yang diinginkan.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
didedikasikan untuk diri sendiri.
Done